Beberapa Konsep Modifikasi Motor Populer

Motor merupakan kendaraan yang sudah umum dikendarai oleh anak muda mulai dari siswa SMA hingga mahasiswa. Motor dipilih karena lebih simpel dan nyaman digunakan. Harga motor sendiri juga bervariasi dan kebanyakan memang terbilang masih dapat dijangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Selain itu, bentuk motor yang ramping memudahkan pengendara dalam mengendarainya di segala medan, termasuk ketika jalanan macet. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi anak muda yang sering kali berangkat mepet dengan waktu bel masuk kelas berbunyi.

Motor dan Anak Muda

Anak muda jaman sekarang tentu sudah tidak asing dengan modifikasi motor karena memang sudah banyak yang melakukannya untuk membuat tampilan motor menjadi lebih baik. Saat ini, memang banyak orang tua yang mempercayakan anak mereka untuk mengendarai kendaraan sendiri untuk berangkat dan pulang sekolah. Ada banyak alasan mengapa motor dijadikan sebagai pilihan, mulai dari melatih kemandirian, lebih hemat ongkos, hingga kepraktisan untuk menghemat waktu. Hal tersebut membuat banyak anak muda tidak terpisahkan dengan kendaraan mereka.

Modifikasi Kendaraan Bagi Anak Muda

Anak muda biasanya menyukai sesuatu yang unik dan beda dari yang lain, termasuk dalam tampilan motor yang menemani mereka kemana pun mereka pergi. Anak lelaki biasanya lebih mencintai motor mereka dibanding dengan benda lainnya. Mereka rela menyisihkan uang saku mereka dan menabung berbulan-bulan untuk melakukan modifikasi motor kesayangan mereka agar memiliki tampilan unik, menarik, sekaligus berbeda dari yang lain. Modifikasi tidak hanya dilakukan pada bagian eksterior motor, tapi juga dalaman mesin motor untuk meningkatkan stamina mesin. Dan hal tersebut tentu saja tidaklah murah. oleh karena mereka rela tidak menghabiskan uang jajan mereka dan menyisihkannya untuk modifikasi kendaraan kesayangan mereka. ini dia beberapa jenis modifikasi yang banyak dilakukan oleh anak muda pada motor mereka.

  1. Minimalis elegan

Jenis modifikasi yang satu ini adalah konsep modifikasi yang paling banyak dipilih oleh anak muda. Konsep modifikasi ini ingin menunjukkan kesan elegan, simple, rapi, dan menarik perhatian. Perubahan memang tidak dilakukan secara signifikan karena hanya diubah beberapa bagian. Namun itulah yang membuat konsep modifikasi ini menarik karena akan membuat tampilan motor menjadi lebih fresh sekaligus berbeda, dalam artian positif.

Penggunaan aksesoris kecil seperti stiker gambar tertentu, spion berbentuk unik, baut berwarna, ataupun knalpot minimalis akan mempercantik tampilan motor. Warna yang digunakan pada konsep modifikasi ini juga biasanya sangat simple dan tidak mencolok. Cukup menggunakan perpaduan dua warna yang tepat akan membuat tampilan motor sangat menarik. gunakan satu warna dasar yang mencolok seperti hitam atau putih, kemudian memadukannya dengan warna lain yang diinginkan.

  1. Street fighter

Petarung jalanan memiliki image yang sangar, gagal, mendominasi, dan kekar. Konsep modifikasi pada motor ini terinspirasi dari motor-motor barat yang sebagian besar berbentuk besar, sangar dan sangat mainly. Motor kopling biasa seperti Vixion dapat dirombak penampilannya seperti street fighter dengan melakukan perombakan pada bagian ban atau shockbreaker. Gunakan ban dan shockbreaker yang lebih besar sehingga memberikan kesan kekar dan sangar pada motor. Pada bagian body juga harus dilakukan perombakan dengan menggunakan faring berbentuk besar dan desain simple dan meruncing. Dengan bentuk body seperti demikian, maka motor akan terlihat semakin sangar.

  1. Drag style

Pernah melihat balapan di jalan raya lurus yang dilakukan oleh sekelompok anak muda hingga mengganggu lalu lintas? Kira-kira itulah yang disebut dengan drag race yang sering menggunakan motor yang memiliki drag style. Sebenarnya drag race adalah balapan jarak pendek yang dilakukan di jalan lurus. Sayangnya, racing ini sering dilakukan tidak pada tempat dan waktu yang semestinya hingga sering mengganggu laju lalu lintas. Sehingga sering menimbulkan kekacauan hingga pihak kepolisian diturunkan untuk membubarkannya.

Pernah memperhatikan bagaimana bentuk motor yang digunakan untuk drag race? Ciri khas dari model motor yang digunakan untuk drag race adalah Drag style. Drag style tidak banyak menggunakan banyak aksesoris yang akan membuat bentuk motor menjadi semakin besar karena hanya akan menghambat laju motor. Sebaliknya, konsep modifikasi ini melepaskan fairing dan aksesoris lainnya agar tidak menjadi penghambat ketika motor harus melaju dengan cepat.

  1. Ala superbike

Konsep modifikasi motor lainnya adalah mengubah motor hingga menyerupai superbike seperti yang digunakan oleh pembalap motor GP. Konsep modifikasi yang satu ini sangat disarankan untuk dilakukan oleh profesional karena ada beberapa detail yang cukup rumit. Agar hasil modifikasi sesuai dengan yang diharapkan, maka menggunakan jasa profesional sangatlah dianjurkan. Selain itu, kita harus menyiapkan budget yang besar untuk melakukan modifikasi dengan konsep yang satu ini. Bahan dan mesin yang digunakan untuk memodifikasi dengan konsep ini tentunya tidaklah murah.