Beberapa Pertimbangan Sebelum Membeli Motor

Kendaraan pribadi saat ini menjadi suatu kebutuhan mendesak bagi sebagian orang untuk dapat mempermudah dan mempercepat waktu bepergian kita. Kegiatan menuju kampus, kantor, tempat bisnis, dan tujuan lain membutuhkan kendaraan agar dapat sampai dengan tepat waktu. Memang pemerintah sudah banyak menyediakan transportasi umum yang siap mengantarkan kita ke tempat tujuan. namun, peran kendaraan pribadi lebih fungsional sekaligus fleksibel. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, kita bebas menentukan kapan waktu berangkat dan bisa mengestimasi lamanya waktu perjalanan. Berbeda dengan penggunaan transportasi umum yang kadang telat dan sudah ditentukan jadwalnya.

Keuntungan Menggunakan Kendaraan Pribadi

Kemudahan yang ditawarkan dengan bepergian menggunakan kendaraan pribadi membuat banyak masyarakat lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi yang sangat efisien di jalanan Indonesia adalah sepeda motor yang bisa menyalip dan menyelinap di celah padatnya kendaraan di jalanan kota besar Indonesia. Kendaraan pribadi berupa roda empat tentu saja menawarkan banyak kenyamanan dan keamanan yang lebih terjamin. Namun akan kurang efektif jika harus digunakan setiap hari di tengah jalanan padat kota besar yang tak pernah luput dari kemacetan. Untuk mengatasinya, sepeda motor adalah jawaban sempurna untuk mengatasinya.

Pertimbangan Sebelum Membeli Kendaraan Bermotor

Memiliki kendaraan pribadi tentu saja akan sangat memudahkan transportasi kita, kemanapun tujuan yang akan dituju. Kekhawatiran tertinggal karena telat datang tidak akan ada lagi seperti ketika menggunakan transportasi umum. Kita juga tak perlu lagi menunggu kendaraan tersebut datang karena sudah tersedia di hadapan kita. Bagi sebagian orang yang memiliki kondisi finansial yang bagus, tentu bukanlah perkara yang sulit untuk membeli kendaraan pribadi. Namun, sebagian lainnya harus bekerja keras selama bertahun-tahun untuk dapat memilikinya, meskipun itu hanya berupa sepeda motor. Berikut ini beberapa pertimbangan yang harus kita lakukan sebelum membeli kendaraan pribadi agar tidak menyesal dikemudian hari.

  1. Kondisi finansial

Motor bukanlah kendaraan yang memiliki harga murah karena butuh uang paling tidak 13 juta rupiah untuk bisa mendapatkannya. Bagi mereka yang memiliki banyak kekayaan, harga tersebut mungkin bukanlah suatu masalah karena memang mereka memiliki uang melimpah. Namun, bagi kebanyakan masyarakat kelas menengah, jumlah uang puluhan juta bukanlah jumlah sedikit. Perlu kerja keras dan waktu yang lama untuk dapat mengumpulkan uang tersebut. jadi, kondisi finansial harus sangat diperhatikan ketika akan membeli motor. Jangan sampai obsesi kita terhadap satu merek motor dengan harga mahal malah akan membuat kita susah ke depannya.

Memang saat ini membeli motor dapat dilakukan dengan sangat mudah, bahkan banyak yang menawarkan cicilan motor tanpa DP. Hal tersebut tentu bukanlah pilihan yang tepat untuk dipaksakan karena kita sendiri yang nantinya harus mencicil cicilan motor yang tinggi selama bertahun-tahun. Ketika cicilan tidak berjalan dengan baik, maka bersiaplah untuk kehilangan motor yang telah kita ambil. Hal tersebut tentu saja akan sangat merugikan kita sebagai konsumen karena bunga yang diberikan tidaklah sedikit.

  1. Kebutuhan

Setiap orang tentu saja memiliki kebutuhan yang berbeda. Salah satu pertimbangan penting sebelum membeli motor adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja kebutuhan kendaraan untuk mereka yang masih sendiri dan atau yang sudah berkeluarga tentu saja berbeda. Motor matic sepertinya akan sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan bagi pasangan yang telah berkeluarga. Misalnya saja untuk mengantar dan menjemput anak ke sekolah, atau berbelanja ke pasar. Motor matic juga sangat sesuai untuk para wanita yang aktif pergi kesana kemari karena motor matic sangat mudah digunakan.

Ada banyak orang yang lebih memilih membeli motor sport padahal mereka tidak terlalu nyaman menggunakannya. Padahal harga motor sport sendiri bisa dua kali lebih mahal dari motor biasa. Pembelian kendaraan yang tidak disesuaikan dengan kebutuhan malah hanya akan menyusahkan kita sendiri. Padahal tujuan dari memiliki kendaraan pribadi adalah untuk memudahkan dan membantu kita ketika akan bepergian. Oleh karena itu, sebaiknya membeli kendaraan sepeda motor harus sangat disesuaikan dengan kebutuhan agar kendaraan dapat kita gunakan secara maksimal.

  1. Jenis pembelian

Pembelian sepeda motor dapat dilakukan secara cash, langsung, atau lunas, cara lainnya adalah kredit. Kedua cara pembelian tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pembelian cash mengharuskan kita memiliki uang yang cukup, sesuai dengan harga motor yang ingin kita beli. Keuntungannya, motor langsung menjadi milik kita sepenuhnya tanpa harus memusingkan kredit yang setiap bulan harus dibayarkan. Sedangkan pembelian dengan cara mencicil, DP dapat kita tentukan sesuai dengan kemampuan finansial yang kita miliki. Sebagai gantinya, kita harus menyisihkan gaji setiap bulan untuk membayar cicilan hingga lunas. Apa pun jenis pembelian yang kita pilih, sesuaikan kembali dengan keadaan finansial serta untung rugi dari jenis pembelian tersebut.