Pertimbangan Membeli Motor Baru Atau Bekas

Teknologi berkembang sangat pesat dan mempengaruhi banyak segi kehidupan di tengah masyarakat. Salah satu yang paling menonjol dari perkembangan teknologi ini adalah teknologi transportasi. Transportasi masyarakat sebelum teknologi berkembang, menggunakan tenaga hewan dan tenaga manusia. Beruntungnya kita yang hidup di jaman modern karena saat ini transportasi sudah menggunakan mesin canggih. Salah satu bentuk teknologi transportasi modern adalah sepeda motor. Khususnya untuk masyarakat Indonesia, sepeda motor adalah transportasi paling banyak digunakan. Hampir setiap anggota keluarga memiliki satu sepeda motor sendiri.

Pertimbangan Membeli Motor Baru Atau Bekas

Motor sudah menjadi kendaraan umum yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Motor sangat efektif digunakan di jalanan padat merayap seperti yang ada di kota-kota besar Indonesia. Kepemilikan kendaraan pribadi yang sangat membludak membuat jalanan selalu dipadati oleh kendaraan bermotor setiap harinya. Meskipun jalanan sudah sangat penuh dengan kendaraan, daya beli masyarakat terhadap kendaraan, khususnya sepeda motor, masih sangat tinggi.

Di sisi lain, banyak penjual motor bekas pula yang mencoba peruntungan untuk menjual motor-motor jadul. Membeli motor baru atau bekas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar kendaraan yang kita pilih nantinya dapat bermanfaat dengan maksimal, harus dipikirkan dengan baik sebelum membelinya. Manakah yang harus dipilih antara membeli motor baru atau motor bekas? Apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum membeli motor bekas atau baru? Berikut beberapa pertimbangan ketika akan membeli motor baru atau bekas.

  1. Kebutuhan

Setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan individu lainnya. Mesin motor baru tentu akan jauh lebih prima jika dibandingkan dengan motor bekas. Bagi mereka yang sering mengunjungi tempat jauh akan lebih membutuhkan mesin motor prima agar perjalanan tetap lancar. Sedangkan bagi mereka yang hanya menggunakan kendaraan di sekitar tempat tinggal, motor dengan mesin yang biasa saja akan tetap efisien. Sebelum menentukan akan membeli motor baru atau bekas, perhatikan dulu kebutuhan yang kita miliki.

  1. Harga

Harga sepeda motor bekas dan baru tentu saja memiliki perbedaan yang cukup signifikan, disesuaikan dengan kondisi motor bekas yang dijual. Membeli motor baru memang bisa dilakukan secara kredit dengan DP 0 sekalipun. Namun, ada sebagian orang yang sangat tidak menyukai hutang atau bahkan sekedar kredit karena dirasa merugikan dan mengkhawatirkan. Dengan kondisi keuangan yang tak mencukupi untuk membeli motor baru, maka motor bekas menjadi pilihan.

Tak ada salahnya membeli motor bekas jika saja kita tahu spesifikasi yang ditawarkan sesuai dengan harga motor bekas tersebut. Bagi mereka yang membenci cara pembayaran kredit namun tidak memiliki cukup uang untuk membeli motor baru, maka motor bekas bisa menjadi pilihan terbaik. Perhatikan harga yang ditawarkan dan keadaan keuangan sebelum menentukan akan membeli motor baru atau bekas.

  1. Kelengkapan surat

Kelengkapan surat untuk motor baru tidak akan pernah dipermasalahkan karena pihak dealer tentu akan memberikan surat kelengkapan secara lengkap. berbeda dengan motor bekas yang sering kali tidak memiliki surat kendaraan yang lengkap. hal tersebut tentu menjadi hal sangat penting karena menyangkut hukum. STNK dan BPKB adalah dua surat yang harus ada ketika kita akan membeli motor bekas. Motor bekas yang tidak dilengkapi dengan surat kepemilikan biasanya akan dijual dengan harga yang murah karena dicurigai motor curian. Sangat berhati-hatilah ketika akan membeli motor bekas untuk menghindari penipuan yang mungkin dilakukan pihak penjual.